Selasa, 14 Mei 2019

Logo OP3M Daarul Huda Kota Banjar Jawa Barat


Menganal OP3M (Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Modern) adalah kewajiban bagi setiap santri yang ingin belajar di pondok pesantren modern. Karena organisasi ini wajib adanya untuk memberikan pembelajaran organisasi bagi para santri.

Santri dalam aktivitas sehari-harinya tidak lepas dari peranan OP3M yang selalu mengawasi dan mengarahkan anak-anak, tak kalah pentingnya adalah pemberian sanksi bagi anak yang melanggar. Bahkan OP3M merupakan roda yang memutarkan aktifitas dalam keseharian santri, baik dalam berdisiplin pakaian, asrama, kebersihan, bahasa, pidato, dan lain sebagainya.

OP3M juga sebagai wadah anak untuk kontribusi dalam peningkatan kualitas diri, dalam seni atau dalam pengetahuan lainnya. Maka, tak salah jika setiap periode OP3M memiliki agenda berbeda antara pengurus lama dan pengurus baru.

OP3M ini dibawah pengawasan pengasuhan santri, sehingga setiap kegiatan yang akan dilaksanakan oleh OP3M, maka harus ada persetujuan dari pengasuhan santri, baik perizinannya dan kesepakatan kegiatannya.

Disini juga santri dilatih untuk dewasa dan mengatur orang lain, sehingga tumbuh pada diri santri jiwa kepemimpinan (leadership) yang akan dibutuhkan di masyarakat kelak, ketika santri pulang ke kampung halamannya.

Setiap pondok pesantren memiliki nama tersendiri dalam organisasi santrinya, khusus untuk Pondok Pesantren Modern Daarul Huda Kota Banjar, maka di pilihlah kata OP3M diambil dari kepanjangan Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Modern. Berbeda dengan Bapaknya yakni Pondok Modern Gontor, nama yang digunakan di Pondok Modern Gontor adalah OPPM (Organisasi Pelajar Pondok Modern).

Demikian sekilas mengenal apa itu OP3M Daarul Huda.

Download File Logo Disini 



Tidak ada komentar: